Titin Setyorini, Sosok di Balik Kesuksesan Siswi SMKN 4 Balikpapan Pameran di Front Row Paris

Fadiah (Kiri) dan Diva (Kanan), Dua murid SMKN 4 Balikpapan bersama guru yang Pameran Busana di Front Row Paris. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Peran guru memang tak lepas dari setiap kesuksesan muridnya. Seperti halnya guru SMKN 4 Balikpapan, Titin Setyorini, yang berjuang demi memamerkan karya muridnya, Meidiva dan Fadiah, pada ajang Front Row Paris.

Untuk diketahui, kegiatan Front Row Paris ini diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Ini berkolaborasi dengan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar) di bawah naungan Kemendikbudristek.

Sehingga, pertama kalinya, salah satu SMK Negeri di kota Balikpapan mewakili sekolah seluruh Indonesia pada ajang tersebut setelah lolos kurasi dari 21 designer di Indonesia.

Titin membeberkan, hal ini juga dipicu dari dampak pembangunan Ibukota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Selain itu, dirinya juga telah mendapat perhatian IFC karena keberhasilannya pada upskiling dan reskilling guru di Kota Malang.

Saat itu, karyanya terpilih untuk tampil di Jakarta Fashion Week. Maka tak ayal, sekolah tempat ia bekerja “dilirik” oleh IFC karena memiliki peluang untuk tampil di ajang internasional.

Ia membeberkan, kedua siswinya itu ia dampingi mulai dari persiapan, hingga saat kembali ke Balikpapan.

Baik dalam hal pencarian ide yang hanya seminggu, pengerjaan sekitar 16 busana dalam waktu 1 bulan, hingga persiapan lainnya seperti vitamin dan pakaian untuk dua muridnya tersebut.

Sebab baginya, mengangkat potensi para muridnya memang menjadi tindakan membanggakan bagi seorang guru.

Meski membutuhkan pengorbanan, namun menurut Titin, buah dari perjuangannya itu akan sangat manis pada akhirnya.

Di samping itu, Titin memiliki prinsip bahwa setiap ada peluang atau potensi, wajib untuk diambil.

Sedangkan hasilnya adalah urusan belakangan. Hal terpenting dari semua itu adalah usaha.

Anak-anak ini punya potensi, kalau tidak kita angkat, sayang. Jadi mereka ini kita bimbing dengan teknik yang tepat dan intens, Alhamdulillah jadi bisa.

“Memang harus butuh pengorbanan. Harus magang 1 bulan, dan benar-benar full jahit, bahkan lembur. Tapi hasilnya seperti ini,” ungkapnya, Minggu (17/9/2023).

Ya, pengorbanan dan perjuangan Titin memang membuahkan hasil manis untuk dirinya, para muridnya, bahkan negaranya.

Bagaimana tidak, dengan mengangkat tema Kalimantan dan IKN yang menjadi nilai lebih, belasan busana karya mereka hampir ludes terjual.

Dari 16 busana berkonsep fall winter yang dipamerkan di ajang Front Row Paris tersebut, 14 busana lainnya laku terjual. Sehingga, pendapatan yang didapatkan mencapai kisaran hampir Rp 20 juta.

Bahkan, Titin mengaku awalnya sempat minder dengan karyanya ditengah kemegahan high fashion dari busana lainnya.

Namun, ia tetap percaya dengan desain buatan muridnya tersebut yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.

“Sebenarnya ada perasaan minder, tapi ya kita optimis aja. Karena design kita berbeda. Mereka rata-rata busana high fashion, tapi kita lebih menyesuaikan tema musim,” katanya.

“Disana kebetulan mau fall winter, jadi kita menyesuaikan. Ternyata banyak laku karena mungkin sesuai kebutuhan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 4 Balikpapan, Emilia Monalita juga turut berbangga atas prestasi yang ditorehkan murid dan guru sekolahnya tersebut.

Fadiah (Kiri) dan Diva (Kanan), Dua murid SMKN 4 Balikpapan yang Pameran Busana di Front Row Paris.
Fadiah (Kiri) dan Diva (Kanan), Dua murid SMKN 4 Balikpapan yang Pameran Busana di Front Row Paris. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

Bahkan ia mendukung penuh segala proses yang dijalani.

Selain itu, Emilia juga mengucapkan terimakasihnya atas berbagai pihak yang mendukung seluruh perjalanan mereka.

“Kami mengucapkan terima kasih pada Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim yang sudah mendukung kegiatan dengan menjadi salah satu sponsor dalam kegiatan “Paris Front Row” ini,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Titin Setyorini, Sosok di Balik Kesuksesan Siswi SMKN 4 Balikpapan Pameran di Front Row Paris, https://kaltim.tribunnews.com/2023/09/17/titin-setyorini-sosok-di-balik-kesuksesan-siswi-smkn-4-balikpapan-pameran-di-front-row-paris.
Penulis: Ardiana | Editor: Budi Susilo 

Leave a Reply