SMKN 4 Balikpapan Unjuk Sambal Ayam Geprek Titik Nol di Lomba Memasak di Bazar UMKM Harkopnas ke-76

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – SMK Negeri 4 Balikpapan Selatan turut berpartisipasi dalam lomba memasak Ayam Geprek, di BSSC Dome Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di mana, lomba tersebut inisiasi dari Dewan Koperasi, bersama Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan, dalam rangka menyemarakkan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76.

Adapun yang berpartisipasi adalah Rifki Anugrah, Muhammad Hasbi dan
Abdillah Pasha yang membuat Ayam Geprek Sambal Titik Nol sebagai hidangan terpilih untuk mengikuti lomba.

Selain adanya Titik Nol yang berada di Ibu Kota Negara (IKN), Jeruk Limau dalam sambel yang berbentuk bundar melingkar menjadi ciri khas, dari terpilihnya nama Ayam Geprek Sambal Titik Nol.

Dengan kendi mini tradisional berbentuk bundar melingkar, digunakan sebagai wadah sambal jeruk limau tersebut.

Selain itu, nasi tumpeng yang berwana putih berbentuk kerucut juga menjadi bagian ciri khas dari Ayam Geprek Sambal Titik Nol.

Tak hanya demikian, mereka menyajikan hidangan tersebut dengan tahu dan tempe, serta ditemani dengan ragam lalapan seperti terong, kol, selada dan daun kemangi.

Pendamping Siswa Jurusan Tata Boga SMKN 4 Balikpapan, Idil Fitriani Fatimah mengatakan bahwa hadirnya Titik Nol IKN turut menjadi inspirasi siswanya dalam membuat hidangan tersebut.

“IKN itu kan permulaan untuk mendirikan suatu negara. Dengan titik nol pasti pusatnya, itulah inspirasi mereka membuat sambal dari titik nol itu,” ujarnya, Kamis (27/7/2023).

Terlebih, imbuh Idil, jeruk limau yang khas Kalimantan ini jarang dijadikan sebagai bahan pelengkap sambal.

Di samping itu, siswanya yang baru kelas 10 itu sedang bersemangat mengikuti lomba ayam geprek dalam rangka Harkopnas ini.

“Dengan mengikuti lomba ini bisa melatih mental mereka, supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan masyarakat yang ada di luar lingkungan sekolah,” pungkasnya. (*)


Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul SMKN 4 Balikpapan Unjuk Sambal Ayam Geprek Titik Nol di Lomba Memasak di Bazar UMKM Harkopnas ke-76, https://kaltim.tribunnews.com/2023/07/27/smkn-4-balikpapan-unjuk-sambal-ayam-geprek-titik-nol-di-lomba-memasak-di-bazar-umkm-harkopnas-ke-76.
Penulis: Ardiana | Editor: Aris 

Leave a Reply