Job Fair SMK Negeri 4 Balikpapan 2017

alfiramadhany: BALIKPAPAN, TRIBUN – SMK Negeri 4 Balikpapan menggelar Job Fair dalam rangka menjembatani para siswa-siswi untuk mendapatkan informasi pekerjaan. Bernuansa hitam putih, siswa-siswi SMK Negeri 4 Balikpapan berbaris menunggu giliran memasuki ruang aula. Menggenggam amplop coklat di tangan mereka, pelajar kelas 12 ini tampak siap malaksanakan job interview.

Senin (27/3) SMK N 4 Balikpapan dibanjiri siswa kelas 12 yang akan menghadiri Job Fair yang dilaksanakan di aula sekolah. Sebagai kegiatan rutin tahunan, Job Fair yang diadakan SMK N 4 Balikpapan ini melibatkan lebih dari 15 industri yang terkait dengan bidang kompetensi di SMK N 4 Balikpapan.

Dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan yang diwakili oleh bapak sofiansyah, berpesan dengan adanya Job Fair ini dapat menekan angka pengangguran di Kota Balikpapan. Selain itu juga, kegiatan yang dibuka pukul 9.00 wita ini mengundang Ketua PHRI Balikpapan, dan Dinas Pendidikan.

Mewakili Mujadi SPD MPD, Kepala SMK Negeri 4 Balikpapan, Wakil Kepala Sekolah urusan Humas, Anik Aningtyas menjelaskan alasannya melaksanakan kegiatan hanya berlangsung Senin (27/3) ini saja.

“Job Fair selalu diadakan setiap tahun. Melalui kegiatan ini kami memberikan akses kepada siswa-siswi kami untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan bagaimana proses untuk mendapatkan pekerjaan itu sendiri,” jelas Anik.

SMK Negeri 4 Balikpapan memiliki progam keahlian yakni, Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan Rambut, yang siswa-siswinya dididik untuk siap menjadi tenaga kerja yang andal. Berbekal ilmu kejuruan, Anik kembali menegaskan keinginannya agar siswa-siswinya dapat bersaing di dunia kerja dengan meningkatkan etos kerja.

“Sesuai pesan dari KetuaPHRI, Bapak Yulidar Gani, siswa-siswi disini harus meningkatkan etos kerja. Karena etos kerja merupakan hal yang penting. Jangan sampai merasa pekerjaan itu berat, ada hambatan dan masalah lantas kemudian mengundurkan diri. Mengundurkan diri juga membuat peningkatan pada jumlah pengangguran.

Anik juga mewakili Ketua PHRI, berpesan kepada industri yang berpartsipasi dalam Job Fair untuk mengutamakan mempekerjakan putra putri Balikpapan terlebih dahulu sebelum mengambil dari luar daerah . Anak-anak kita tidak kalah baik dengan lulusan luar daerah. Jika mereka dibimbing, diajarkan, diberi pengarahan, mereka dapat belajar dengan baik. Apalagi kita menginginkan penurunan tingkat pengangguran di Balikapapan. Jadi tidak ada salahnya memaksimalkan tenaga kerja dari daerah,” pesannya.(m03)

2 Replies to “Job Fair SMK Negeri 4 Balikpapan 2017”

  1. Bagaimana tata cara mengikut job fair?

    1. Silahkan mengirimkan email ke school@smkn4balikpapan.sch.id

Leave a Reply