Pelajar SMKN 4 Balikpapan Jadi Penyuluh Anti Narkoba

Jumat, 24 Oktober 2014 20:15

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id- Siswa SMKN 4 jadi Kader Penyuluh Anti Narkoba Penyuluhan terhadap bahaya narkoba di kalangan pelajar di Kota Balikpapan, tak melulu dilakukan oleh jajaran kepolisian maupun BNN Kota Balikpapan. Tapi, juga oleh pelajar di sekolah itu sendiri.

Salah satunya seperti yang dilakukan di SMKN 4 Balikpapan. Selain memiliki satu perwakilan sebagai Duta Anti Narkoba, juga ada kader penyuluh anti narkoba. Kader ini tugasnya memberi penyuluhan, pemaparan atau menggelar kegiatan untuk menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dari narkoba.

Di hadapan 51 pelajar kelas 10 hingga 12, Rizal, kader penyuluh dari SMKN 4 memaparkan tentang bahaya narkoba di ruang pertemuan sekolahnya. Beragam jenis narkoba yang kemungkinan disusupkan ke kalangan pelajar ikut diperlihatkan melalui tayangan singkat.

Termasuk menggunakan rokok dan menghirup aroma lem yang saat ini lagi booming di kalangan pelajar.  Padahal keduanya mengandung bahan berbahaya yang menyebabkan kecanduan dan dapat merusak otak.

“Kader penyuluh anti narkoba di kalangan pelajar merupakan bagian dari program BNNK Balikpapan untuk memberdayakan para pelajar itu sendiri  Mereka yang memberitahu teman-teman di lingkungan sekolah untuk menjauhi narkoba dan menciptakan sekolah mereka yang bersinar, bersih dari narkoba. Kami, hanya melakukan pendampingan saja. Bilamana ada pertanyaan-pertanyaan dari para pelajar tentang narkoba yang tidak bisa dijawab oleh si kader penyuluh ini,” ungkap Analis Intelejen Taktis BNN Kota Balikpapan, Michael Samosir, Jumat (24/10).

Kader penyuluh anti narkoba tidak hanya ada di lingkungan pelajar. Tapi di lingkungan kelurahan, PKK maupun karang taruna juga dibentuk kader penyuluh anti narkoba. Agar bisa bersama-sama memerangi narkoba di Kota Balikpapan. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Sumarsono

Leave a Reply