SMKN 4 Balikpapan Wakili Kaltim ke GF

9 Mei 2013 by asmonowikan

Drama menegangkan itu berlalu sudah. Diwarnai suasana haru salah satu finalis kala hendak menjawab pertanyaan moderator di babak final, akhirnya juri memutuskan tim SMKN 4 Balikpapan sebagai jawara debat FEKSI wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Bethesda SY Ahimsa (17), salah satu personil tim ini memang sempat menahan tangis sekian detik, sebelum merespons salah satu pertanyaan di babak final. “Saya hanya membayangkan begitu besar dan indahnya negeri kita ini, sehingga sempat mau menangis saat hendak menjawab pertanyaan moderator,” ujarnya menahan rasa gembira yang luar biasa.

Digelar di kantor Telkomsel area Kalimantan, di Balikpapan, Selasa (7/5), Bethesda dan timnya berhasil menundukkan tim debat SMAN 10 Samarinda yang diperkuat Muhammad Rasyid Ridho (17), Denisa Amelia Kawuryan (17), Adinda Vicky Clarasati (16), sebagai runner up. Dan tim debat SMAN 1 Balikpapan dengan skuad Darwis Saputra Laurianto (16), Chaterine Prasetya (16), dan Muhammad Rafid Fadil (14) sebagai juara III. Dengan demikian tim SMKN 4 Balikpapan berhak mewakili Kaltim dalam babak grand final (GF) nasional FEKSI 2013 awal November mendatang di Jakarta.

Finish di urutan pertama memang mengejutkan bagi Bethesda dan dua koleganya. Apalagi sejak awal mereka tak diunggulkan. Sejarah juga mencatat, sejak kick off FEKSI tahun ini di Manado, Februari lalu dan telah melewati enam kota, baru di Balikpapan juara I debat FEKSI direbut tim dari sebuah SMKN. Selebihnya di Manado, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Medan, dan Mataram adalah tim SMA.

Jelas saja fakta ini membuat Bethesda makin terharu. “Awesome, wonderful. Tidak bisa dijelaskan (rasa gembira kami),” katanya melukiskan perasaannya sebagai juara. Meskipun juga menangis saat diumumkan sebagai juara pertama, Shella Apriliana Diandra (16) anggota tim SMKN 4 Balikpapan berkomentar singkat, “Sangat senang!”. Pun dengan Maria Christin (16) koleganya, “Sangat senang dan bangga.” FEKSI wilayah Kaltim diikuti oleh 27 tim debat dari 14 sekolah di Balikpapan dan Samarinda.
Menggenapi peringkat IV hingga X lomba debat FEKSI 2013 wilayah Kaltim adalah SMAN 10 Samarinda (tim A), SMKN 4 Balikpapan (B), SMKN 2 Balikpapan (B), SMKN 5 Balikpapan (A), SMA Muhammadiyah 2 Balikpapan (A), SMKN 1 Samarinda (B), dan SMKN 1 Samarinda (A).
FEKSI 2013 diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan RI. Dan didukung antara lain oleh Telkomsel. ***

SUMBER

juara-i-iii-debat-feksi-kaltim-2

sman-1-smd-juara-iii-debat-feksi-kaltim

sman-10-smd-juara-ii-debat-feksi-kaltim

smkn-4-bpn-juara-i-debat-feksi-kaltim-1

Leave a Reply